Senin, 12 Januari 2015

Terjun Bebas di Pelman

Libur weekend cuma dua hari tapi ajakan jalan-jalan datang dari berbagai arah, itu sama artinya dengan punya uang cuma 100 ribu rupiah tapi keinginan belanja ini-itu tak bisa terbendung, ngenes gaes -_-. Eh tapi karena hidup itu harus memilih, maka harus ada pilihan-pilihan yang juga harus dipilih, dan saya memilih berpetualang ke tempat yang anti mainstream di Sumbawa, niatnya selain ajang promosi, juga sebagai wujud pelampiasan rasa keinginan untuk melihat surga-surga tersembunyi yang ada di Sumbawa.
Setelah sabtunya bernarsis ria di Ai Beling, hari minggu saya kembali diculik oleh teman-teman Adventurous Sumbawa untuk melakukan petualangan yang tak kalah emejing-nya, kita akan ke Pelman. Pelman merupakan sebuah nama air terjun yang terletak di lereng gunung Jaran Pusang, hanya 30 menit berjalan kaki menyusuri hutan dari Dusun Sejari, Kecamatan Plampang. Air terjun ini adalah air terjun yang paling mudah dijangkau di Sumbawa, jalannya pun tidak perlu gradak-gruduk seperti ketika ke Ai Beling kemarin, jalan menuju ke Dusun Sejari-nya sudah sangat bangus, melewati jalan raya besar yang beraspal mulus, kurang dari dua jam kita sudah sampai di Dusun Sejari. Setelah memarkir motor di perkampungan warga, kita bisa langsung melanjutkan trekking menyusuri hutan Jaran Pusang yang hijau nan indah alami. Tidak ada tanjakan yang menguras tenaga, jalannya lurus-lurus saja, makanya wajar dikatakan air terjun ini adalah air terjun yang aksesnya paling mudah di Sumbawa. 
Setelah berjalan kaki selama 30 menit kita akan sampai di tebing air terjun Pelman, tingginya sekitar 3 meter. Dari atas tebing itu kita bisa merasakan sensasi uji adrenaline yang sesungguhnya, yaitu dengan cara terjun bebas dari atas tebing. Buat teman-teman yang tidak bisa berenang, jangan coba-coba untuk ikut terjun bebas seperti ini, karena kolamnya lumayan dalam, kecuali membawa perlengkapan keselamatan seperti pelampung. Ini PR buat saya untuk segera bisa berenang, kan saya juga pengen terbang bebas seperti itu, hiks T_T
siap-siap Foto by Bang Farhan
1 foto by bang farhan
2 foto by bang farhan
3 byuuuuur foto by bang farhan
Saya bisa merasakan bagaimana sensasinya terjun bebas seperti itu, jantung serasa mau keluar gaes. Disinilah letak sensasi berpetualang di Air Terjun Pelman ini, terjun bebas dari atas tebingnya. Kalau tidak berani terjun, bisa kok berenang cantik di kolamnya. Kolamnya serasa milik pribadi, karena tidak akan ada orang lain selain kita disini. 
ayooo terjunn :D foto by bang farhan
Bagi kita-kita (kita?? kamu aja Lu, saya nggak -_-) yang tidak bisa berenang dan tidak berani terjun bebas seperti diatas, bisa turun ke lokasi air terjunnya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit menyusuri sungai berbatunya, pemandangan disepanjang sungai tidak kalah kerennya dari pemandangan terabas hutan ketika baru menuju Pelman tadi.
susur sungai sekitar 10 menit untuk sampai ke air terjun Pelman
Air terjun Pelman dari bawah
suka lihat senyum teman2 AS
hei kami dari Adventurous Sumbawa
Inilah salah satu surga tersembunyi yang ada di Sumbawa. Petualangan demi petualangan kami lalui bukan semata-mata mau gaya-gayaan atau bertingkah sombong, tapi semata untuk bersyukur bahwa Allah menakdirkan kami hidup di tanah indah nan damai ini, Tana Sabalong Samalewa. Perjalanan hanya satu dari banyak cara untuk kita bisa bersyukur kepada-Nya.. 
NB:
Teman-teman mari jaga lingkungan kita tetap lestari, agar anak cucu kita nantinya juga bisa menikmati alam yang indah ini...

8 komentar:

  1. Balasan
    1. walau letaknya tersembunyi dan tidak banyak yang tahu, ternyata kereen sekali nih air terjun :D

      Hapus
  2. aaaaa aku berani ga ya terjunbebas seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg ga berani mbak, ga bisa berenang sih sayanya, hehehe

      Hapus
  3. indah sih indah tapi ga berani :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya juga ga berani mas...
      ntar terjun ga muncul2 lagi saya, tenggelam :D

      Hapus
  4. aduh liat air terjujn pelman ini jadi pengen terjun bebas juga mbak :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^