Senin, 11 November 2013

Belajar Buat Donat Kentang ^.^

Hai apa kabar kamu di sana???
Semoga baik-baik saja ya. Oh ya saya lagi belajar membuat kue sekarang, saya tidak ingin nantinya kau lebih menyukai kue-kue dari resto daripada kue di rumah. Ini semua efek dari seorang teman, dia sudah menikah dan sekarang juga lagi giat-giatnya belajar memasak. Kemarin dia bercerita sudah membuat donat kentang, saya tanya-tanya bagaimana cara membuatnya, dari apa yang disampaikan ternyata membuat donat itu gampang. Saya penasaran. Penasaran tingkat tinggi. Sangat. Akibatnya, tadi sepulang mengajar, tanpa banyak prolog a.k.a ngalur-ngidul kesana kemari saya langsung ke warung untuk membeli semua bahan-bahan untuk membuat donat kentang. Kau tahu, ini rasanya seorang perempuan yang sedang mempersiapkan kue untuk someone spesialnya *uhuk. Ada rasa takut gagal, was-was, antara berhasil dan tidak. Ini pertama kalinya saya membuat donat. Ibu dulu suka buat donat, tapi tidak pernah sekalipun saya membantu Ibu membuat, alhasil saya buta segala hal tentang donat. Berbekal info dari om Google, ngobrak-ngabrik google, mencari tahu segala hal tentang donat, mulai dari resepnya, hingga tips agar donat yang kita buat empuk dan mengembang. Dari referensi yang saya baca di google, saya mulai menciut, kok ribet begini ya?? Kata teman buatnya gampang, apa mungkin karena dia sudah ahli kali ya, pikir saya. Saya sudah membeli banyak bahan, tak mungkin bahan-bahan itu dibiarkan mengendap bagitu saja di dapur. Ya sudah, berbekal nekat dan Bismillah, saya coba membuat donat kentang yang judulnya AYTASTM (Apapun Yang Terjadi Asalkan Saya Tetap Mencoba). Terserah mau gagal atau tidak, yang penting coba dulu, never try never know, kan.
Untuk resep donatnya saya comot di sini. Saya mempersiapkan segala bahan-bahan dan alat yang diperlukan. Berhubung saya anak kostan, saya memakai alat-alat seadanya saja yang ada di kost,hehehe.
Bahan-bahannya ini..

Di atas itu bahan-bahan yang tak saya pake buat donat. Maaf gak pake buka labelnya, gak ada tempat kecil yang lucu kayak di TV2 itu,hehehe. Kentangnya lagi di kukus. Sembari menungggu kentang masak, bahan-bahannya kering kayak terigu, fermipan, susu bubuk, gula, dicampur jadi satu. Setelah kentangnya masak, kentangnya dihaluskan hingga benar-benar halus. Di sinilah letak kesalahan saya, kentangnya tidak saya kukus dengan baik sehingga kentangnya masih keras dan tidak dihancurkan dengan halus. Akibatnya ketika ngulen adonan, tekstur kasar kentang yang tidak hancur itu terasa. Sudah mulai panik, takut gagal adonannya. Seperti judul donatnya AYTASTM (Apapun Yang Terjadi Asalkan Saya Tetap Mencoba), saya tetap aja lanjut ngulen, Maya yang menjadi tukang baca instruksi di google, teman kost yang melihat saya buat donat ketawa ngkakak "Tak kira sudah ahli, ternyata baru buat dan ngubek om google, mbak lulu ini". Ah sudahlah, zaman sekarang yang penting ada internet, apa sih yang gak bisa, referensi di google banyak. Adonannya agak lengket di tangan, saya ingat Ibu dulu kalau buat donat pakai acara banting-membanting adonan, saya juga ikut cara Ibu itu. Adonannya saya banting-banting, sampai kalis sempurna dan adonannya kenyal seperti karet. Kata om google, kalau adonannya sudah kalis, bisa di diamkan selama 30 menit, tunggu mengembang. Selagi menunggu donat mengembang, kita berdua sama Maya, pergi ke alam mimpi sambil berdoa donatnya sukses. 30 menit kemudian, adonan donatnya kita buka dari kain penutup, dan taraaaaa ternyata donatnya mengembang. Wah pas lihat donatnya bisa mengembang, saya sama Maya langsung jingkrak-jingkrak kayak menang lotre, sumpah bahagia sekali. Adonan donat tadi kita buat bulat-bulat kecil, setelah semua adonan dibuat bola-bola kecil, donatnya di diamkan lagi selama 15 menit, setelah itu bisa langsung di goreng.
Adonannya sudah mulai mengembang
Mengembangnya mulai bagus
Melihat donatnya sudah mulai mengembang, saya optimis hasilnya akan bagus. Sekarang saya masih was was dengan rasanya, semoga saja enak. Ketika semua donatnya mengembang bagus, minyak langsung dipanaskan. Donatnya di ambil satu persatu, kemudian di tusuk dengan sumpit kayu di tengah donat lalu di goreng sambil donatnya di putar-putang tengahnya (Supaya lubang donat jadi bagus). 
Taraaaaa donatnya jadi ^.^ *bahagia sangat
Lumayan kan hasilnya, hehehe *bangga
Kalian tahu rasanya berhasil membuat kue dalam satu kali percobaan??? Rasanya kayak pengen melayang-layang, terbang. Tipsnya dalam buat donat cuma 1, berani mencoba. Serius. Kalau mikir ini itu gak bakalan jadi deh, soalnya kebanyakan takut ini dan ituBahagia rasanya. Hei kau??? Lihatlah, aku bisa buat donat. Semoga kamu penyuka donat ya, jadi aku bisa buatkan donat yang kau suka,hehehe.
Donat dengan ceres warna-warni ^_^
Donatnya bisa dihias dengan bermacam-macam toping, bisa ceres cokelat, keju, kacang, dll. Mana suka deh. Saya pakai toping ceres cokelat saja *gak ada modal lagi soalnya ^_^. Kalau ada rezeki, pengenya buat yang seperti ini...
Pengen buat dengan toping yang kek gini. Tapi Kalau buat dengan toping seperti ini pasti butuh banyak biaya, wah tunggu ada rezeki lagi deh,hehehe
Kata Maya, kalau saya lagi buat kue atau masak-masak kayak gini, tak ada yang menyangsikan bahwa saya adalah anak Ibu saya, karena Ibu adalah ratu memasak, kue-kue dan makanan yang dibuat Ibu maknyos punya *kayaknya semua anak juga seperti saya, membanggakan Ibunya,hehehe. Walaupun wajah saya tidak mirip dengan Ibu, setidaknya keahliannya dalam memasak menurun ke anak perempuan satu-satunya ini,hehehe.
Semangat belajar buat kue ya Lulu :D
Hehehe, donatnya sudah siap disantap/..

14 komentar:

  1. donat kentang ini salah satu kesukaanku...rasanya lebih sip daripada donat-donat yang lain....dan tentunya lebih sehat....:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener,,,,
      saya juga lebih suka donat kentang,, rasanya empuk terus lembut pas dimakan :D
      *makasi sudah berkunjung,,,

      Hapus
  2. dulu aq juga pernah buat waktu SMP kalo ga salah.. tapi donat kentang ga yaa kok lupa xixi..
    *bagi donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo hayooo kakak topik...
      kalau ke lombok, ntar tak buatin,hehehehe
      :D

      Hapus
  3. ala ala dunkin gitu,,, enak kayaknya dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk kakak fery....
      ini percobaan pertama saya, gak nyangka juga bakal berhasil :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. monggo monggo....
      *ini ada fotonya aja,hehehe

      Hapus
  5. Uuu enak banget.. aku suka donat kentang.. semoga kapan2 bisa nyicip langsung buatanmu di Lombok. Aamiin ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya to??
      kayaknya banyak yang suka donat kentang deh,hehehe
      ntar yah kalo ke Lombok :D

      Hapus
  6. hahahaha... selamat, selamat duluuuuuuuuu sy juga pernah nyoba buat, sayangnya nggak ngembang.. dan kerasnya fantastic baby banget!! wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, makanya belajar buat kue tu sama saya kak...
      saya niy biar2 gini paling pintar buat kue :D
      *gayaaaaaaaaaaaa

      Hapus
  7. Menggugah selera apalagi pas lihat itu yang bulat bulat di atasnya ada warna warninya,,,
    AAAaaaahhhhh mulai lapar -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...
      menggugah selera kan kakak irfan...
      :D
      *ayooo ayoo monggo dicicipi tapi gambarnya aja ya :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^