Minggu, 09 April 2017

Cerita Setahun (tanpa) Perjalanan

Lokasi pelaksanaan Kelas Inspirasi Lombok Menjelajah Pulau, Gili Maringkik, Lombok Timur

Ketika saya menuliskan tulisan ini saya sedang berada di dalam mood untuk menulis lagi dan Frau berhasil membangkitkan mood itu. 
Saya baru berkunjung ke blog beberapa teman yang dulu sering sekali saya datangi. Membaca, mencari tahu kabar, dan melihat apa yang sedang mereka lakukan di rumah mereka. Satu tahun ternyata bukanlah waktu yang sebentar untuk saya menjeda. Ada banyak yang terjadi selama satu tahun saya tidak berkunjung ke rumah mereka. Ada teman yang telah menikah, punya anak, membaca blognya dengan segala keseruannya bersama keluarga barunya membuat saya senyum-senyum sendiri membayangkan bahwa saya nantinya juga akan tiba pada masa itu. Ada seorang teman yang baru saja menyelesaikan perjalanannya menjelajah ke Timur. Betapa bahagianya saya membaca setiap cerita yang dia tuliskan disana. Semua pengalaman-pengalamannya yang membuat saya membangkitkan kembali mimpi yang kemarin sudah saya kubur ke tempat yang entah. Ada teman yang sekarang sedang menyelesaikan wish list perjalanannnya dan mimpinya. Ahh terlalu banyak cerita tentang mereka yang saya lewatkan.

Saya selalu mengatakan kepada mereka yang bertanya “Kenapa blogmu tidak terurus lagi?” bahwa saya sedang patah hati. Hhaaaaa patah hati? Kosakata dari planet mana itu? Alih-alih mengatakan patah hati sebagai apologi yang saya keluarkan agar terdengar keren saat menjawab pertanyaan itu, padahal the truth is saya memang sedang tidak dalam mood melakukan perjalanan  dan menulis. Walaupun sebenarnya selama setahun ini, saya tidak sepenuhnya menjeda melakukan perjalanan. Saya tetap melakukan perjalanan bersama teman-teman ke beberapa tempat. Tetapi rasanya melakukan perjalanan itu biasa-biasa saja. Saya tidak seambisius sebelumnya, yang di setiap minggu atau satu bulan sekali harus mengunjungi satu tempat dan menuliskannya di blog. Memotret dalam perjalanan pun tidak terlalu sering saya lakukan. Sekali dua kali menggunakan kamera HP yang tidak seberapa bagusnya, atau meminta file foto di travel mate saya sebagai dokumentasi perjalanan. Satu tahun ini saya lebih banyak melakukan kegiatan bersama teman-teman di komunitas Kelas Inspirasi dan Sumbawa Cinema Society. Berkegiatan dengan mereka membuat keinginan untuk pergi kemana-mana juga berkurang. Lebih nyaman di rumah saja rasanya. 

Gili Maringkik Lombok Timur
Selama setahun ini saya belajar banyak hal bahwa, jika yang didefinisikan tentang perjalanan adalah berjalan ke suatu destinasi yang indah, lalu mengabadikan melalui bingkai kamera, menuliskannya di sosial media, maka itu adalah perjalanan, sungguh perjalanan itu rasanya sangat hambar. Karena yang menjadi ambisi hanyalah agar orang tahu bahwa kita tidak kurang piknik, bahwa kita adalah seorang pejalan, atau penulis. Saya akhirnya belajar bahwa perjalanan tidak harus ke destinasi-destinasi yang indah, tidak selalu harus membingkainya dengan kamera, tapi cukup dengan ingatan, tidak harus semua orang tahu apa yang kita lakukan dan akan kemana saja. Tidak. Tetapi perjalanan adalah bagaimana kita bisa menjadi dewasa, bagaimana kita akhirnya peka dengan kondisi yang ada di sekitar, bagaimana untuk bisa menjadi tidak egois. Perjalanan bisa saja dengan mengunjungi rumah tetangga, teman atau keluarga, mencari tahu kabar mereka, mulai membangun hubungan dekat dengan mereka yang dulunya mungkin sering terabaikan karena perjalanan. Kamu akhirnya sadar bahwa perjalanan kemana pun jauhnya yang dibutuhkan untuk bisa pulang adalah rumahmu dan mereka. Rumah yang selalu membuatmu nyaman, dan mereka yang selalu ada untukmu, mereka yang selalu menyediakan pelukan hangat, telinga yang tidak pernah bosan mendengarkanmu becerita tentang perjalananmu atau segelas kopi panas. 
Pertemuan dengan mereka jugalah yang akhirnya membuka mata saya tentang arti “perjalanan” yang sesungguhnya.

Lokasi: Kompleks Candi Prambanan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^