Jumat, 20 Desember 2013

Ada Lombok di Atas Meja

Sudah pernah dengar masakan khas Lombok seperti ayam taliwang, pelecing kangkung, pelecing ayam, bebalung, dan lain-lain??? Kalau sudah mendengar dan mencicipi, tidak ada kata lain yang terucap selain pedas, dan pedasnya itu pasti ingin tambah lagi dan lagi. Yah ciri khas makanan Lombok memang pedas. Pedasnya yang didapat dari cabe itu benar-benar menggoda lidah untuk tetap mencobanya. Kalau sempat bermain-main ke Lombok, rugi rasanya jika tidak bisa menikmati kuliner-kuliner tersebut. 
***
Kamis kemarin usai bagi rapot anak-anak PAUD Merah Putih, Rizal dan kawan-kawan di LPA Kota Mataram mengajak tim untuk makan siang. Kata mereka tempat makan ini paling oke makanannya, dijamin kalau sudah pergi makan kesana pasti bakal ketagihan dan pengen balik lagi. Penasaran seperti apa tempat makan itu, kita langsung tancap gas ke alamat yang di tuju yaitu Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang. Pemilik rumah makan ini adalah Kak Okki, beliau ini keren, walaupun laki-laki tapi pintar masak, master chef dah. Sampai lokasi kita langsung disajikan menu makanan, ada banyak menu pilihan dan semuanya adalah makanan khas Lombok, ada pelecing ayam, pelecing kangkung, bebalung, ikan rajang bumbu kuning, ayam bakar taliwang. Pas lihat menu, jujur saya pengen pesan semuanya, semua menunya saya suka. Tapi jaga imej sama teman-teman, saya tahu badan saya gemuk dan saya tidak ingin terlalu menunjukkan kegemukan saya lagi dengan banyak makan. Alhasil saya memesan bebalung, bebalung itu kalau Indonesianya terkenal dengan kata sup tulang, tetapi kalau di Lombok bebalung itu bumbunya beda, banyak dan ribet (bagi saya sih,hehee). Teman-teman memesan menu yang berbeda, asyiklah jadi kita bisa sharing menu ketika makan nanti. 
Rumah makan ini suasananya asyik, berugak lesehan, ada free wifi, ada mushalla, ada ATM, halaman parkirnya yang luas, ada kolam ikannya juga di samping. Jadi sembari menunggu makanan datang kita bisa internetan dan main-main dengan ikan.
main-main dengan ikan dulu sembari nunggu masakan jadi :D

Setelah 30 menit menunggu akhirnya makanan pesanan saya datang juga, bebalung lombok.
Bebalung Lombok
Mari makan ^_^
Mata langsung hijau liat bebalung dihadapan mata, kalap. Satu porsi besar dengan nasi putih, sayur bayam, beberoq dan air mineral seharga Rp.30.000, saya bisa katakan itu tidak mahal, tergolong murah. Pada sedokan pertama saya mencoba mencicipi kuahnya, berasa pak bondan yang lagi mencicipi makanan terus bilang maknyoooos, hwaaaan kuahnya itu benar-benar enak, berasa banget bebalung dan khas Lomboknya. Yang paling penting dari bebalung itu adalah pengolahan daging tulangnya, harus benar cara masaknya supaya dagingnya empuk dan tidak nyangkut-nyangkut di gigi. Nah pas dengan bebalung ini, dagingnya empuk dan gak pake nyangkut. Semua dagingnya bisa dimakan, yang tersisa cuma tulangnya aja. Satu hal yang khawatirkan adalah saya bisa ketagihan dan pengen kembali lagi kesini. Bebalungnya kok enak banget yah...
teman-teman pada khusyuk makan dengan menunya masing-masing
Makan siang bareng teman2 LPA
ayam bakar taliwang
ikan nila goreng sambal beberoq

menu: ikan bumbu kuning, pelecing kangkung, ayam bakar taliwang,bebalung
Jadi judulnya makan siang kita kali ini adalah ada Lombok di atas meja kita, semua makanan khas Lombok ada di sini, dan dijamin semuanya enak-enak dan pengen balik lagi ^_^
Mbak Putu, mahsan, Kak Okki, saya
Sebelum pulang, kita mengabadikan dulu kenangan di RM ini, spesial lho bareng pemiliknya langsung Kak Okki...
^_^
Rekomendasi buat teman-teman yang mau ke Lombok, coba deh untuk mencicipi kuliner khasnya di Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang, letaknya di Kota Mataram, Sekarbela. Untuk info bisa lika FPnya di facebook Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^