Senin, 16 Desember 2013

Jelajah Eksotisme Lombok (Episode Pantai Seger)

Lombok memang terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak ada habisnya. Pasir putihnya yang menawan, bukitnya yang hijau, airnya yang jernih dan bersih menjadi daya tarik utama pantai-pantai di Lombok. Setiap pantainya selalu memiliki keunikan tersendiri, ciri khas yang membuat kita rindu untuk kembali kesana. Misalnya pantai selong belanak yang ada di Penujak, Lombok Tengah, pasir putihnya itu tidak seperti yang ada di Pantai Kuta (yang butiran pasirnya bermerica dan besar), pasirnya lembut dan padat, sehingga kita yang berjalan di atasnya tidak kelelahan, dan pantulan bayangan kita akan terlihat di pasir itu. Ini mungkin karena efek dari pasirnya yang halus dan padat, sehingga jika air membasahi pasir, maka bisa menimbulkan refleksi dari benda-benda yang ada di atasnya. Pantai Pink dengan alga merahnya yang mendominasi pasir, Pantai Gili trawangan dengan sejuta pesona keindahan bawah lautnya, Pantai Kerandangan dengan karang-karangnya yang awesome, Pantai Batu Payung dengan karangnya yang khas berbentuk payung, Bukit Malimbu dengan pesona matahari terbenamnya, Pantai Tanjung Aan dengan bukit hijaunya, dan banyak lagi pantai-pantai lainnya. Saya selama 4 tahun tinggal di Lombok belum selesai menjelajahi semua pantai-pantai indah nan eksotis itu. 
Untuk menyelesaikan semua daftar kunjungan pantai saya, kemarin ahad 15 Desember saya dengan beberapa teman pergi ke Pantai Seger. Pantai Seger ini adalah salah satu lokasi bersejarah tentang kemunculan Nyale, setelah Pantai Kuta, Kaliantan, Pantai Tanjung Aan. Nyale ini adalah cacing laut yang erat kaitannya dengan legenda puteri mandalika, seorang puteri yang rela bunuh diri membuang dirinya di laut (Untuk cerita yang lebih lengkap bisa dicari digoogle,hehehe). Pantai Seger terletak di Lombok Selatan, dari Mataram membutuhkan waktu sekitar 1 1/2 jam dengan kecepatan yang strandar alias tidak mengebut, kalau dari Bandara Internasional Lombok cuma membutuhkan waktu 45 menit. Pantai Seger ini tidak jauh dari Pantai Kuta, masih dalam satu barisan pantai yang sama. 
Jangan khawatir dengan jalannya, jalan menuju Pantai Seger mulus dan beraspal. Pantai ini selalu ramai ketika perayaan "Bau Nyale", even yang diselenggarakan sekali setahun untuk perayaan kemunculan cacing laut kecil ini, terlebih lagi dengan adanya legenda Puteri Mandalika dibelakang kemunculan nyale ini menjadi point penting wisatawan untuk mengunjungi ini. Perayaan Bau Nyale ini juga sudah menjadi satu daya tarik wisatawan asing maupun domestik untuk mengunjungi Lombok. 

Pantai Seger
Menuju ke bukit teletubis Pantai Seger
Mendaki bukit teletubis pantai seger
Menuju puncak
Saran saya untuk teman-teman yang hendak kemari adalah untuk selalu siap siaga dengan sunblock, kacamata, dan topi, karena disini cuacanya sangat panas. Mataram beberapa hari selalu dihampiri hujan, sedangkan di sini, ajaib, tidak ada hujan sekali pun, malahan panas terik menyengat. Panasnya sebanding degan keindahannyalah. Foto yang pertama adalah tampak Pantai Seger, dengan bukit teletubisnya. Kenapa kita namakan bukit teletubis, itu karena bentuknya mirip dengan bukit-bukit yang ada di kartun teletubis, rumput pendek dan hijau, dengan awan cerah biru,hehehe. Tidak puas jika hanya menikmati keindahan pantainya hanya dengan duduk santai di tepian pantai, mesti mendaki ke bukit supaya bisa melihat keseluruhan pantainya. Memang melelahkan tetapi dijamin akan berdecak kagum :D
Pantai Seger dari atas bukit teletubis
Nah itu kan benar apa yang saya katakan, pantainya memang indah. Foto Pantai Seger ini yang difoto dari atas bukit, dari bukit ini kita bisa melihat keseluruhan pantai. 
Pantai Seger
Bukit teletubis
Ini judulnya gak narsis gak seru euy,heheheehe....
ini gak mau bunuh diri, serius ^_^
Narsisan di bukit teletubis
Gimana teman2 blogger??? Amazing kan pantainya???
^_^

12 komentar:

  1. pantai seger masuk daftar destinasi kalo ke Lombok deh ^^d

    thanks for sharing Lulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, sama2 mbak...
      ditunggu kunjungannya ke Lombok :D

      Hapus
  2. Pantai Seger, Baru dengar sih namanya, tapi asli keren banget tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya semua pantai di Lombok keren2 deh,,,hehehheeehe
      #promo mode on
      ^_^

      Hapus
  3. ha ha pengen ke Pantai seger,,,,,sayang lagi musim ujan.....keep share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau di Lombok selatan gak hujan kok, kalau di Mataram sih gak berenti2 hujannya....
      :D

      Hapus
  4. saya lebih suka bukitnya mbak.. hehee... saya memang lebih suka pepohonan dan perbukitan... tapi kalau untuk ukuran pantai, itu pantainya indah dnegan pasir putihnya. kok ngga kelihatan banyak pengunjung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantai ini ramenya pas prosesi bau nyale aja....
      lagi musim hujan juga kali ya makanya jarang ada yang datang....
      tapi alhamdulillah kemarin pas pergi, kita gak kehujanan, pas di Mataram baru diguyur hujan lebat :D

      Hapus
  5. View pantai yang dari bukit teletubbies itu keren bangggeettt.
    Ah selalu jatuh cinta pada pantai dan laut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantai dan laut itu memang amazing...
      lukisan alam sang Kuasa :D

      Hapus
  6. Wowww,,,Hebat.
    Aku Orang Lombok z Cumn tauny pantai Kuta Doang,,
    Trnyata,,,
    Ada Ratusan pantai trsmbunyi di Lombok,,
    Hebat,,,,hebat,,salutttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pantai di Lombok itu keren2 mas,,,
      rugi gak sempet jalan2 kesana :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^