Jumat, 14 Februari 2014

Singang (Ikan Kuning Dari Sumbawa)

Hai semuanya,..
Apa Kabar???
Sudah lama gak ngepost disini, kangen juga sih,hehehe...
Mau share apa ya??

Bagaimana kalau kita ngepost tentang makanan. Ini makanan sumbawa yang paling saya sukai, Ibu paling jago masak ini dan membuat saya tergila-gila. Satu makanan yang kalau saya sakit terus dikasi makanan ini saya langsung sembuh.
Sebenarnya makanan ini ada di seluruh Indonesia, cuma namanya saja yang berbeda. Misalnya di NTB saja disemua daerahnya ada makanan khas ini, di Lombok namanya Ikan Rajang Kuning atau yang lebih dikenal dengan Ikan Kelaq Kuning, di Bima/ Dompu, makanan ini namanya Palumara, Kalau di Sumbawa namanya Singang. Ciri khasnya cuma satu dimasak dengan air asam dan kunyit, tapi saya yakin walaupun sama disetiap daerahnya makanan ini punya rasa yang berbeda-beda, kalau di Sumbawa, khasnya masakan ini ditambah dengan daun kemangi supaya menghasilkan aroma yang harum, dan belimbing wuluh (supaya segar). I love this food very much :D :D :D
Sekarang saya mau masak makanan ini, bahan-bahan yang saya gunakan sederhana saja (tanpa kemangis dan belimbing wuluh, padahal itu yang buat makanan ini enak). Ikannya bebas merdeka mau pakai ikan apa saja, pakai daging ayam juga gak masalah...
Bahan2 yang digunakan
Bahan-bahan yang digunakan itu, Ikan tuna yang direndam dengan jeruk nipis supaya ikannya gak amis, cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, kunyit, masako, asamnya direndam dengan air. Bahan-bahan yang digunakan sederhana saja soalnya cuma itu yang ada di dapur,ehehe. Tapi jangan khawatir, rasanya tetap enak kok :D
Bumbu2nya dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe, garam), tumis irisan bawang merah, setelah bawangnya agak menguning masukkan bumbu-bumbu tadi, tumis sebentar lalu masukkan air asam. Biarkan mendidih dan ikannya bisa dimasukkan kedalam air singang.
Ini dia singangnya :D
Dimakan pake nasi memang paling enak
Cara buatnya gampang rasanya pun enak dan segar :D
Di daerahmu ini namanya apa???
Share dong :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^