Senin, 23 Februari 2015

Banyak Cara Menuju Sumbawa

pelabuhan Poto Tano Sumbawa
"Lebih murah ke Singapura Lu, daripada ke Sumbawa." Oceh seorang teman waktu itu. Ah masa sih?? Oke memang saya akui, Sumbawa masuk ke dalam zona timur, yang segala sesuatunya rada 'mahal', tetapi nggak terlalu ekstrim juga harganya, standar kalau menurut saya. Terkadang ada banyak kesalahpahaman terjadi karena ketidaktahuan tentang sesuatu, makanya kita diminta untuk berkeliling, menjelajah setiap pelosok negeri agar kesalahpahaman itu tidak terus berlanjut, kata Abang Tere Liye. Yups kata-kata Tere Liye itu saya amini dalam-dalam, karena memang benar, kesalah pahaman terjadi karena ketidaktahuan itu. Kata-kata teman itu juga yang mendasari saya membuat postingan ini, untuk sedikit pencerahan kepada para traveler yang hendak ke Sumbawa.
Ada beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk ke Sumbawa, ada Mini Bus yang lebih dikenal dengan sebutan Travel, pesawat terbang, bus transportasi antar pulau, motoran, backpackeran. Semua alternatif transportasi itu bisa disesuaikan dengan budget yang kita punya.
1. Sepeda Motor
Ini salah satu transportasi yang paling saya sukai, motor. Selain pengeluarannya yang rada hemat, kita juga bebas untuk berhenti dimanapun yang kita suka. Apalagi pemandangan selama perjalanan dari Lombok Sumbawa banyak yang membuat kita mupeng untuk sekedar berfoto ria. Tidak hanya pemandangannya yang keren, disini ada banyak tempat persitirahatan dan penjual makanan khas yang hanya ada di jalan yang kita lewati itu saja, misalnya di perjalanan Lombok, di desa Lenek ada banyak penjual Bantal (makanan dari ketan yang dibungkus daun kelapa dengan isi pisang), di Narmada/ Lombok Barat jika awal tahun seperti ini ada banyak penjual Duren, Manggis, Rambutan, yang harganya lebih murah dibandingkan dengan harga pasar, Pringgabaya Lombok Timur ada banyak penjual Srikaya, di Sumbawa juga ada banyak penjual makanan musiman seperti itu, yang membuat kita mupeng untuk berhenti dan mencicipi makanan-makanan itu.

penjual duren di  narmada
pelabuhan kayangan
Tiket kapal ke Sumbawa-Lombok pun lumayan murah, hanya Rp.54.000/ motor. Untuk yang suka petualangan baru, transportasi ini wajib di coba. Motor bisa membuat kita mobile kemana pun kita inginkan.

2. Mini Bus a.k.a Travel
Saat ini travel yang menuju Sumbawa sudah menjamur dimana-mana, jumlahnya banyak. Ada Panca Sari Travel yang markasnya berada di belakang Mataram Mall, Titian Mas Travel yang terletak di Jalan Pejanggik Mataram, Sumbawa Utama berada tidak jauh diperempatan lampu merah menuju Mataram Mall, Tiara Mas Travel, dan Angkasa Jaya. Rata-rata travel tersebut menarik tarif yang sama dalam setiap keberangkatan, yaitu sebesar Rp. 140.000/ orang. Memakan waktu selama 6 jam untuk sampai di Sumbawa jika menggunakan travel, tetapi saya bisa pastikan kenyamanan perjalanannya, karena kita bisa istirahat tanpa terganggu bau-bauan yang tidak sedap seperti di dalam bus umum. Fasilitas yang kita dapatkan adalah snack selama diperjalanan, travel yang full AC, dan diantar hingga ke lokasi (rumah/ tujuan masing-masing). Bagi teman-teman yang memang awam dengan Lombok atau pun Sumbawa, dan takut dengan adanya gangguan ini-itu, saya rekomendasikan untuk naik Travel ini, lebih save dan tidak pernah ada kejadian macam-macam yang pernah saya dengar terkait Travel ini (bukan promosi lho).
Ada beragam waktu keberangkatan yang ditetapkan masing-masing Travel, dari pukul 09.00 wita, 10.00 wita, 12.00 wita, 14.00 wita, 16.00 wita, 18.00 wita. Cara pemesanan tiketnya pun mudah, hanya dengan menelepon call center Travel, dan membayar ketika tiba di markas Travelnya. 
Ini call center salah satu Travel yang biasa saya gunakan dan bermarkas di Mataram 0370625505, untuk call center Travel yang bermarkas di Sumbawa 037121513.
Oh ya, bagi teman-teman yang ke Lombok menggunakan pesawat terbang dan berhentinya Bandara Internasional Lombok, bisa kemataram menggunakan transport lokal yang ada di bandara dan harganya terjangkau, yaitu Bis Damri, harga tiketnya sebesar Rp.25.000/orang. Menggunakan Bis Damri lebih terjangkau dibandingkan dengan taksi yang bisa mencapai Rp.150.000 untuk menuju Mataram.
di atas travel
antrian di Pelabuhan Kayangan Lombok, travelnya yang berwarna kuning
narsis di atas travel

3. Pesawat Terbang
Nah kalau untuk transportasi yang satu ini harganya tidak bisa ditebak, bisa berubah-rubah setiap saat, tergantung apakah maskapainya ada promo atau tidak. Saran saya sepintar-pintarnya kita dalam mensurvei setiap jadwal penerbangan, kalau weekend atau waktu liburan bisa dipastikan harganya akan lumayan. Pesawat dari Lombok menuju Sumbawa, harga tiketnya kisaran 300-an ribu ke atas. Kelebihan menggunakan pesawat tentu saya waktu tempuh yang lumayan singkat, hanya 30 menit kita sudah sampai di Sumbawa.
rinjani dari atas pesawat (penerbangan dari Sumbawa Lombok)
4 . Bus
Alternatif lainnya yang juga terjangkau adalah bus. Harga tiketnya sebesar Rp.100.000, jika menggunakan Damri kita hanya membayar sebesar Rp.80.000. Untuk teman-teman pelancong yang ingin ke Sumbawa menggunakan bus, bisa ke terminal Bertais, jadwal keberangkatannya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan waktu untuk ke Sumbawa. Sama dengan terminal pada umumnya, di terminal ini pun rawan dengan aksi-aksi yang tidak kita inginkan, supaya lebih aman dan tidak diganggu dengan ulah-ulah orang iseng, barang-barang berharga seperti uang, HP, kamera, lebih baik disimpan ditempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang. 
Bagi yang ingin menggunakan Bus Damri, teman-teman bisa langsung memesan tiket di markasnya.

5. Backpacker
Buat backpackeran atau pejalan kaki, tiket kapal Sumbawa/ Lombok sebesar Rp.18.000/ orang. Lumayan terjangkau. Jika teman-teman berada di Mataram, bisa menggunakan bus estapet yang ukurannya lebih kecil dari bus pada umumnya, harganya pun lebih murah, dan bisa juga dinegosiasi, harga tiketnya kisaran Rp.30.000/ Rp.50.000. Jika sudah tiba di Pelabuhan Poto Tano bisa mencari bus estapet lagi dengan harga sebesar Rp.30.000 untuk tujuan Sumbawa Besar, Alas Sumbawa, Utan, Rhee, maupun Kabupaten Sumbawa Barat, tergantung dari destinasi apa yang hendak kita tuju. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi pulau-pulau eksotis yang ada di Poto Tano, tidak usah menggunakan bis estapet, teman-teman bisa langsung menuju kampung nelayan Poto Tano (tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano), disana ada banyak warga yang menyediakan jasa penyebrangan menuju pulau-pulau tersebut.
pulau-pulau kecil sekitar pelabuhan poto tano
pelabuhan poto tano
Pemandangan antara Tano-Kayangan juga sangat emejing, saya wajib mengosongkan kartu memori dan mengisi full baterai kamera demi mengebadikan setiap momen selama di perjalanan ini.
Mohon maaf jika ada kekurangan dalam postingan ini, oleh karena itu untuk info segala hal tentang keberangkatan ke Sumbawa atau pun Lombok, bisa menghubungi saya di email luluganbatte@yahoo.co.id, FB: Lulu Ws Twitter: @AnakPapaBandy, saya dengan senang hati menjawab, hehehe
:D
Yuk Visit Lombok Sumbawa, jangan sungkan untuk datang ke Bumi Sabalong Samalewa ini :D

3 komentar:

  1. Suka dengan tulisan ini, ada semangat dan optimisme agar orang-orang lebih mau menabung dan membeli pengalaman untuk berwisata mengenal negerinya sendiri.

    Jika temanmu mengoceh "Lebih murah ke singapore daripada ke Sumbawa"

    Maka saya menjawab, "Lebih berkesan dan membanggakan di hati, ketika rela membeli pengalaman mengenal negeri sendiri yang alamnya jauh lebih kaya bahkan tak ternilai dibandingkan gedung-gedung pencakar langit Singapura!"

    *merasa mellow* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaaahhhh.... sepakat mas rifqy.... :D
      sukaaa..
      iya nih, rata2 pada takut ke timur karena 'mahal' dan lebih demam ngebule ke luar negeri gitu, padahal keindahan negeri kita ga kalah hebat lho,malah orang2 luar pada bermimpi untuk bisa ke indonesia :D

      Hapus
  2. Salam kenal,

    Mau tanya sebaiknya kalo dari Poto tano ke Sumbawa besar naik apa ya?
    Apakah bisa langsung dari pelabuhan? Atau ada tempat mangkal bisnya?
    Atau mungkin ada travel dari Poto tano ke Sumbawa besar?

    Eh iya, ada info jadwal bis/engkel paling terakhir dari pelabuhan Poto tano ke Sumbawa Besar jam berapa?

    Terima kasih :D :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^