Minggu, 05 April 2015

Mata Jitu: Sekeping Surga di Tanah Sumbawa

Selamat datang di Pulau Moyo
Ketika menyebut Sumbawa, bayangan tentang keindahan Pulau Moyo pasti langsung terlintas di pikiran. Wajar saja, karena Pulau Moyo adalah satu dari sekian banyak kepingan surga yang terhampar di tanah Sabalong Samalewa ini. Saya jatuh cinta dengan Pulau Moyo pada pandangan pertama. Segala keindahan yang tersaji disana membuat saya rindu untuk kembali, lagi dan lagi. Snorkling di lautannya yang jernih nan cantik, berendam di Mata Jitu, atau sekedar menghabiskan malam dengan kemah di pinggir pantainya yang indah adalah satu dari sekian sensasi perjalanan yang ditawarkan Pulau Moyo.
kampung Labuan Aji Pulau Moyo
Penyebrangan menuju ke Pulau Moyo hampir setiap hari selalu tersedia di pelabuhan-pelabuhan Sumbawa, terutama melalui jalur penyebrangan di Pelabuhan Kampung Pasir atau Boa Brang. Setiap harinya akan ada masyarakat dari Labuan Aji Pulau Moyo yang akan menuju ke Sumbawa untuk membeli segala kebutuhan hidupnya, sepulangnya dari berbelanja kita bisa ikut nyebrang bersama perahu mereka. Bisa juga melalui Desa Ai Bari, desa nelayan yang terletak di Kecamatan Moyo Utara. Ada banyak nelayan yang menyediakan penyebrangan ke Pulau Moyo, saya biasanya menggunakan jasa penyebrangan milik Bapaknya Ichal, Pak Yakub. Selain harganya terjangkau di kantong, orangnya juga ramah dan supel, sehingga perjalanan selalu menyenangkan jika bersama beliau.
Waktu penyebrangan dari Sumbawa ke Pulau Moyo adalah sekitar dua jam, bisa juga lebih tergantung dari kondisi cuaca. Jika kondisi lautnya tenang, kita bisa tiba di Pulau Moyo dalam waktu dua jam. 
Satu yang menjadi daya tarik Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjunnya sangat cantik dengan paduan biru dan tosca yang eksotis. Airnya sangat jernih, kalau bahasa hiperbolanya, jarum yang jatuh ke dasar Mata Jitu pasti akan terlihat. Memakan waktu kurang lebih satu jam trackking dari kampung Labuan Aji menuju Mata Jitu.

trackking ke Mata Jitu
sungainya cantik
Air terjun Mata Jitu
3 tingkat air terjun Mata Jitu
eksis dulu
follow me
hei lihatlah betapa cantiknya Mata Jitu
main air dulu :D

#AyoKeSumbawa

11 komentar:

  1. Jadi masyarakat sana kalau butuh sesuatu haru s menyebrang dulu ya. Pulau Moyo indah banget ya bener-bener surga melihat fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, harus nyebrang ke sumbawa dulu untuk beli semua perlengkapannya :D
      indahnya kebangetan mbak :D

      Hapus
    2. nice blog broo ada gambar saya di pict terakhir
      saya akan update juga di tempat saya http://blog4you-mancing-teman-dan-perjalanan.blogspot.com

      Salam

      Hapus
    3. siap....
      nanti kita saling kunjung mengunjungi :D

      Hapus
  2. Saya kok gak di ajak?? heemmzzz ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, nanti kita buat trip lain ikhsan :D

      Hapus
  3. Berarti kira-kira kalau saya mau ke sana bisalah di-guide-in Lulu yah! Saya pengen motret air terjunnya saat pagi2 dan sore2 hari. Bisa gak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisalah, yang penting waktunya pas dan akhir pekan:D
      bisa mas, tapi trekkingnya harus pagi-pagi gitu, kemarin kita kesiangan, jadinya matahari bikin foto lumayan over cahayanya :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. iya.. makasi mas Muarif sudah berkunjung kesini :D

      Hapus
  5. Kereen cerita n fotony... mantaapp... jngn lupa mampir k blog saya jg diditpharm.blogspot.com :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^