Jumat, 07 November 2014

Soto Sumbawa asal Madura

Soto Sumbawa asal Madura? Pertama kali mendengar memang rada aneh, kok bisa Soto Sumbawa tapi berasal dari Madura. Sebenarnya soto ini bernama Soto Madura, karena memang yang membuat adalah orang Madura asli, tetapi karena telah turun temurun menetap di Sumbawa sejak lama, maka atas usulan Sultan Sumbawa dan Pemkab Sumbawa yang kemudian mendapat respon yang baik dari orang Sumbawa yang berasal dari Madura, maka nama sotonya berubah menjadi Soto Sumbawa asal Madura. Unik bukan??? Jangan heran kalau ke Sumbawa, disini ada banyak etnis dari beragam suku di Indonesia, ada Kampung Jawa, yaitu kampung yang semua masyarakatnya berasal dari Jawa, ada Kampung Lombok, Kampung Arab, Kampung Bajo, Kampung Bali. Ini menandakan bahwa betapa ramahnya orang Sumbawa dalam menerima akulturasi budaya dari luar Sumbawa.
Soto dengan bahan dasar daging kambing ini berhasil menjadi primadona kuliner masyarakat Sumbawa. Makanya tidak susah untuk mencari soto ini, penjual soto yang paling banyak bisa kita dijumpai di kawasan pertokoan di pusat Kota Sumbawa Besar. Disana ada banyak gerobak-gerobak dorong yang menjual makanan Sumbawa. Makan soto ini paling enak pas malam hari, dengan segelas teh dingin dan sepiring nasi, wuihhhh maknyooos sekali :D
Ada banyak jenis soto di Sumbawa, ada Soto Ayam dengan menggunakan bihun dan telur, tapi saya lebih suka Soto Kambing, dengan taburan serundeng dan bawang goreng diatasnya... Kalau ke Sumbawa, recomended sekali untuk mencoba soto yang satu ini :D
Soto Sumbawa asal Madura
nasi putih hangat sebagai teman makan soto


10 komentar:

  1. Jujur saya baru denger kalo ada soto Sumbawa, karena yang selama ini tau sih soto madur. Jadi pengen nyoba rasanya soto Sumbawa, tapi macam mana nak ke sana??? Salam saja dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapat PERTAMAX...

      Hapus
    2. soto sumbawa asal madura pak, rasanya ya kayak soto madura itu, hehehe

      Hapus
    3. yeeee pertamax :D
      ntar dikirimin hadiah foto2 dari sini :D

      Hapus
    4. Saya juga baru dengar soto sumbawa.

      Hapus
    5. emang gak sebuming makanan2 daerah lain sih, makanya dishare di blog supaya banyak yang tahu juga :D

      Hapus
  2. Pesan sotonya seporsi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      sini sini *kirim soto semangkok :D

      Hapus
  3. baru sekali ini denger soto sumbawa mak.. dan penampakan fotonya bikin ngiler :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. soto asli Sumbawa memang ga ada, ini soto dari madura, tapi karena yng buat sudah menetap beranak cucu di Sumbawa, makanya jadi soto sumbawa asal madura :D
      gitu mbak :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^