Minggu, 28 Juni 2015

Jurang Setan: Keindahannya Tidak Seseram Namanya



Pantai Jurang Setan
Pantai Jurang Setan
Setelah dari Istana Karang, Bang Chris mengajak kita semua snorkeling ke Jurang Setan. Mendengar namanya saya langsung bergidik ngeri, jurang setan? Jurang Setan ini adalah nama tempat di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Pekat, Dompu. Letaknya tidak jauh dari Desa Calabai. Saya tidak tahu kenapa pantainya dinamakan Jurang Setan, mungkin karena diatas pantai ini ada tebing jalan yang lumayan ngeri sehingga disebut jurang setan, mungkin.
Matahari sedang terik-teriknya ketika kita tiba di Pantai Jurang Setan. Pantai berpasir hitam ini sangat sepi dari pengunjung, hanya ada beberapa anak muda yang sedang bermain-main di sana. Tidak jauh dari pantai itu ada aliran sungai air tawar yang sangat dingin, kontras dengan cuaca dan kedinginan airnya. Kata Bang Chris juga tidak jauh dari aliran sungai itu, tepat di bawah tebing Jurang Setan ada sebuah goa dengan lorong yang lumayan panjang dengan aliran sungai kecil didalamnya. Dari Pantai Jurang Setan, kita hanya berenang beberapa menit saja untuk menuju ke spot snorkelingnya, tidak perlu naik kapal seperti snorkeling kita yang pertama. Snorkeling di pantai ini bisa jadi alternatif pengobat rindu bermain dengan ikan-ikan, jika tidak bisa snorkeling di Istana Karang yang mengharuskan menyewa kapal. Letaknya pun tidak susah ditemui, tidak jauh dari pusat desa, jadi bisa dikunjungi setiap saat.
Yuhuuu, its time to snorkeling again.
Hari ini benar-benar surga bagi saya. Main sepuasnya bersama ikan-ikan. Terik yang begitu menyengat kulit tidak terasa ketika menceburkan diri kedalam laut. Adem. Berenang kesana kemari, say hello dengan ikan-ikan yang cantik. 
Karang di Jurang Setan
Cantiknya kece badai
ikannya juga gak kalah banyak
ikan cantik berwarna warni
surga ikan-ikan cantik
Karang yang bagus akan menjadi habitat yang baik juga untuk ikan-ikan. Jika ingin merasakan keindahan bawah laut seperti ini selamanya maka sudah seharusnya kita menjaganya untuk tetap lestari, caranya sederhana saja jika snorkeling jangan berjalan diatas karang, yang sudah tentu akan mengakibatkan karangnya patah, selama ini tidak jarang saya menemukan orang yang snorkeling tetapi berjalan diatas karangnya, terus demi mengambil foto bawah laut yang bagus mereka harus menginjak karang itu. Kasian kan, kalau karangnya harus patah. Mereka juga makhluk hidup lho. Bayangkan saja untuk menumbuhkan satu sentimeter saja membutuhkan waktu satu tahun, belum lagi untuk pemulihannya jika ternyata si karang telah kena dampak pengeboman. Terus jangan buang sampah sembarangan, karena sampah-sampah yang menumpuk itu larinya pasti ke laut. Sampah-sampah itu penuh dengan bahan kimia yang bisa merusak ekosistem laut. Kan nggak enak juga jika sedang asyik-asyik snorkeling terus ada sampah yang ikut berenang. 

Yuk jaga laut kita agar tetap lestari selamanya ^_^

12 komentar:

  1. Akkk ngiriii pemandangannya cantik banget huhuhu *gigit2 jilbab

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi....
      ayo ke sumbawa mbak de :D dijamin akan sering liat pemandangan yang kayak gini :D

      Hapus
  2. indah banget pemandangannya, tapi kenapa namanya jurang setan ya.

    BalasHapus
  3. wah keren banget sumbawa..sumpah masih perawan nih kayaknya pantainya..tak seseram namanya pantai setan..hihii

    BalasHapus
  4. Duh postingannya bikin mingin-mingini main ke Sumbawa -_-

    http://papanpelangi.co/2015/10/23/di-balik-kesulitan-ada-kemudahan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayolah kesini lg.. kemarin ke NTT ga pake mampir sumbawa :(

      Hapus
  5. Nama sih boleh serem jurang setan tapi viewnya luar bisa


    Salam kenal dr blogger ala2

    BalasHapus
  6. Nama sih boleh serem jurang setan tapi viewnya luar bisa


    Salam kenal dr blogger ala2

    BalasHapus
  7. yang kaya gini nih yang mesti di lestarikan, nama boleh serem tapi pemandangan bawah laut bisa diadu sama bunaken haha

    Salam kenal! blogwalking ke blogku juga ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali...
      salam kenal ya mas doli :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^