Sabtu, 27 Juni 2015

Berkunjung Ke Istana Karang Teluk Saleh

menuju lokasi snorkeling


Bicara tentang laut maka kita akan dihadapkan pada kegiatan asyik nan menyenangkan, yaitu snorkeling. Saya paling suka ini. Tujuan ke Calabai juga untuk itu, main-main bersama ikan cantiknya. Dari Pelabuhan Calabai kita bisa menyewa kapal milik nelayan untuk menuju spot-spot snorkeling bagus di sana. Laut Calabai, masuk ke dalam perairan Teluk Saleh, yang selama ini dikenal sebagai aquarium raksasa dunia. Ikan yang beraneka ragam, karang-karang yang cantik bisa kita temui disini.
“Spot snorkeling yang paling bagus itu ada di Istana Karang. Karangnya beraneka ragam, saya yakin ketika kesana kalian tidak bisa move on dari laut, ndak mau pulang.” Ehm promosi Bang Chris sedari tadi tidak ada habisnya tentang keindahan bawah laut Calabai semakin membuat tak sabar untuk say hello sama ikan-ikan itu. 
siap siap snorkeling
Tidak memakan waktu yang lama menggunakan kapal dari pelabuhan untuk menuju ke spot snorkeling itu, hanya 15 menit. Ada yang dinamakan dengan Zona Penyu. Yaitu tempat tinggal para penyu di Teluk Saleh. Keadaan lautnya yang berpasir dan berhawa sejuk menjadi tempat yang nyaman bagi para penyu untuk hidup. Kita bisa menjumpai para penyu ini sekitar jam 9 hingga 10 pagi, setelah jam itu biasanya para penyu akan pergi mencari makan. Penyu ini seperti sahabat bagi Bang Chris, ketika beliau turun ke laut ke tempat tinggal mereka, penyu-penyu itu akan datang mendekat. Walaupun mereka hewan, mereka tetap bisa merasakan mana yang menjadi ancaman, dan mana yang benar-benar mencintai mereka, tutur Bang Chris usai turun memandu teman-teman yang lainnya untuk turun melihat penyu-penyu itu. Setelah dari Zona Penyu, kita kemudian menuju ke Istana Karang. Di Istana Karang itu kita akan menjumpai karang-karang yang beraneka ragam nan cantik.
snorkeling di zona penyu, tapi sayang penyunya ndak bisa ke foto
Snorkel dipasang, pelampung juga tak lupa saya gunakan (lautnya lumayan dalam, saya tidak begitu berani berenang jika terlalu dalam), saatnya main-main dengan ikan. Airnya sangat jernih, visibility-nya juga sangat cerah, karang dan ikan-ikannya terlihat jelas dari atas. Saya tidak bisa free dive seperti teman-teman yang lainnya, saya hanya bisa mengambang diatasnya dan menyaksikan betapa indahnya liukan-liukan mereka bermain bersama ikan-ikan itu. Iri. Lain kali bolehlah kita belajar free dive ini supaya bisa semakin dekat dengan si ikan-ikan yang cantik, hehehe.
Tidak terasa waktu sudah menuunjukkan pukul 12.00 Wita, dua jam sudah saya berada di dalam laut, berenang kesana kemari. Pelampung yang saya gunakan ternyata lumayan berguna juga, tidak membuat saya kelelahan seperti teman-teman yang lainnya, mereka beberapa kali harus naik ke kapal untuk beristirahat sedangkan saya tetap main-main di dalam laut. Memang benar kecantikannya bisa membuat susah move on.
“Simpan tenaganya Lulu, kita tidak hanya snorkeling di sini saja, ada banyak tempat keren lainnya.” Bang Chris mengingatkan. Memang laut ini selalu berhasil membuat susah move on, walaupun setelah ini kulit akan hitam mengelupas, tapi tak apalah, eksotis yang saya suka, hahaha. 
terumbu karang di istana karang
ikan-ikan yang cantik
ga tau ini namanya ikan apa, hehehe
Ikannya banyak, lucu lucu
terumbu karang di istana karang
terumbu karang di istana karang
terumbu karang di istana karang

5 komentar:

  1. aku baru sekali snoerkeling, di lombok, asiik tapi takuut hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. snorkeling itu menyenangkan mbak, saya juga awalnya takut, eh tapi lama lama jadi ketagihan :D

      Hapus
  2. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
  3. Masya Allah, indah nian alam bawah laut Teluk Saleh ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas rifqi bagus banget pemandangan bawah lautnya,,,, jadi kangen pengen kesana lagi :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^