Senin, 19 Agustus 2013

Lebih Dari Sekedar Bocah Petualang

Liburan bagi saya lebih dari sekedar berkumpul bersama keluarga. Liburan adalah waktu terbaik untuk bebas dari segala kepenatan rutinitas sehari-hari. Saya jikalau sudah sampai rumah di Sumbawa, maka jangan harap saya akan mengaktifkan FB, twitter, blog, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia Online. Hape pun saya pegang jika ada SMS atau panggilan masuk. Saya ingin benar-benar menghabiskan kebersamaan itu dengan mereka karena saya tidak tahu apakah besok saya akan bersama mereka lagi. Bisa jadi sekarang saya harus pergi menghadapNya. Hanya Allah yang tahu kapan. 
Libur lebaran kemarin kita sekeluarga mennghabiskan waktu untuk bermain-main di pantai. Pantai itu benar-benar pantai pribadi. Tidak banyak orang menghabiskan waktu liburannya di pantai ini. Kami sekeluarga biasa memanggil pantai ini dengan nama pantai kebun, karena letaknya dekat dengan kebun keluarga. Jarak yang jauh dari kota dan sepi membuat kita nyaman berlama-lama di pantai ini. Pantai ini benar-benar pantai yang belum terjamah dari tangan-tangan usil. Di rawa-rawanya masih banyak pohon bakau, kepiting dan ikan-ikannya banyak. Kakek suka sekali nyari ikan di sini. Biasanya nginap satu malam, pas malamnya itu kakek bergerilya mencari kepiting di semak-semak bakau.

Gaya sudah layaknya Si bolang, adek-adek suka main loncat-loncatan dari atas pohon bakau. Memang asyik nyebur dari ketinggian.
Siap-siap buat nyebur
Nyebuur
Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui #eh
Yang paling asyik itu main perahu-perahuan dengan pohon kelapa kering. Sensasi main-main air di sini mengalahkan keasyikan di water boom. Kolam ombaknya pun alami lho,hehe.
Main-main dari pagi sampai sore pun berasa hanya satu jam saking asyik dan serunya. Sore hari air mulai surut, nah itu adalah waktu yang paling bagus untuk ke laut mencari kerang-kerangan. Ada banyak kerang yang bisa dimakan. Dan itu jumlahnya bergelimpangan. Wajar saja, karena pantai ini memang jarang dikunjungi orang, jadinya kerangnya pun banyak. Tetapi kita biasanya mengambil kerang yang namanya "Kaliomang", kaliomang ini sejenis kerang parasit. Dia sebenarnya tidak memiliki cangkang, tetapi mencari cangkang milik kerang lain sebagi tempat tinggalnya. Kaliomang ini suka kita pakai main balap-balapan kaliomang, jadi kaliomang yang paling gesit larina itulah yang akan menang. Kaliomang ini termasuk kerang yang sangat sensitif dengan gerak, jika merasakan ada tangan mendekati cangkangnya dia langsung masuk meyembunyikan cangkangnya ke badan, dan untuk mengeluarkan badannya kita menghembuskan nafas kita tepat di lubang badannya itu. Hawa panasnya membut si kaliomang keluar.
Nyari kaliomang
Berburu Kerang-kerangan
Nah ini yang namanya kaliomang, di tempat kalian namanya apa??
Seharian main-main di pantai memang mengasyikkan. Setiap momen kebersamaan itu selalu indah untuk dikenang...

4 komentar:

  1. mau sy coba nyebur dari pohon, kok kayaknya keren ya... :) rumah dikau deket sini juga lu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak kak....
      rumah saya jauuuuuuuuuh dari sini...
      ini mah pinggirannya sumbawa..

      Hapus
    2. Yaah, padahal kalo deket aku mau kesana. Hahaha. Pernah main kayak ginian waktu kecil. Aku jadi pengen balik ke masa lalu. Hahaha. Makasi ya sudah share kondisi disana....

      Hapus
    3. iyaaa, kalo di sumbawa msh banyak tempat2 seru buta ngebolang kek gini...
      :)

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^