Senin, 26 September 2011

Siapakah anak-anak luar biasa itu?



Anak-anak luar biasa adalah sebutan yang biasa diberikan pada anak-anak yang memerlukan kebutuhan khusus. Mereka juga kadang disebut sebagai anak-anak yang memiliki kekurangan atau anak cacat. Tetapi istilah anak-anak cacat sudah jarag digunakan pada masa kini dibandigkan dengan masa lalu karena istilah tersebut terlalu sensitive digunakan. Dan memang bagi saya mereka adalah anak-anak luar biasa dengan kemampuan yang luar biasa.
Anak-anak luar biasa didefinisikan sebagai anak-anak yang berbeda dari anak-anak biasa dalam hal  ciri-ciri mental, kemampuan sensorik, kemampuan komunikasi, tingkah laku social, ataupun ciri-ciri fisik, perbedaan-[erbedaan ini telah mencapai tahap dimana anak-anak memerlukan modifikasi dalam aktivitas-aktivitas sekolah ataupun pelayanan pendidikan khusus agar mereka mampu berkembang secara maksimal.
Menurut Kirk (1989), anak-anak hanya dianggap uar biasa apabila memiliki kebutuhan untuk menyesuaikan program pendidikan. Ini akibat dari keadaan mereka tersebut menyebabkan mereka tidak dapat menerima pelajaran cara biasa dan menempatkan mereka pada barisan depan kelas hanya membuat mereka bosan. Ini juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan IQ yang tinggi juga tergolong sebagai anak-anak yang luar biasa.
Terdapat beberapa kecacatan yang menjadikan anak-anak tersebut mendapatkan perhatian, bahkan pendidikan khusus. Farrel (2003) mengkategorikan kecacatan seperti berikut ini:
1.      Komunikasi dan interaksi
a.       Masalah penuturan bahasa
b.      Masalah pembelajaran spesifik, seperti disleksia ataupun dyspraxia
c.       Tunanetra
d.      Autism
e.       Masalah pembelajaran sedang dan serius
f.       Kognitif dan pembelajaran
2.      Perkembangan tingkah laku, emosi dan interaksi social
a.       Masalah emosi dan tingkah laku
b.      Menyendiri
c.       Tingkah laku kasar
d.      Mengganggu
e.       Heperaktif dan kurang stabil
f.       Interaksi social kurang matang
3.      Sensorik dan fisik
a.       Tunarungu
b.      Tunanetra

Bagi teman-teman semua yang memiliki saudara, teman atau siapapun itu yeng memilki kelebihan seperti di atas jangan langsung dikucilkan, tetapi mari kita secara bersama-sama untuk membatu mereka dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Dan yang paling terpenting  adalah konsultasi rutin pada psikolog.
Semoga bermanfaat….

(di ambil dari buku “special education for special children”)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^