Rabu, 15 Oktober 2014

My First Stop Motion

Tanggal 26 Oktober nanti, kita dari Badan Perencanaan dan Pengembangan SDM (BPPSDM) UTS, mau mengadakan Gebyar Mentoring Asyik, nah saya pengen di sela-sela acaranya menampilkan video motivasi untuk mentoring. Dengan mengajak beberapa mahasiswa untuk menggarap projek ini, kita mulai memikirkan konsep, dsb. Saya sangat tidak bisa dalam soal pengambilan video dan otak-atiknya, makanya saya membutuhkan bantuan dari adek-adek mahasiswa yang bisa untuk membantu saya. Tapi ternyata mereka banyak yang sibuk mengerjakan tugas, praktikum, dan tetek bengek kuliah lainnya, alhasil saya terpekur sendiri dipojokan ruangan memikirkan bagaimana caranya buat video tapi tidak menggunakan video. Searching video-video di Youtube akhinya ketemu dengan  teknik pembuatan video dengan stop motion. Saya sangat awam dengan hal-hal grafis seperti ini, makanya rada kuno dan ketinggalan jaman sekali karena baru tahu adanya stop motion kayak gini. 
Ide awal saya adalah semua gambar yang akan difoto adalah hasil karya sendiri, pun dengan tulisan-tulisannya, tetapi setelah mencoba menggambar saya terhalang dengan kemampuan saya yang sangat lemah dengan gambar-menggambar itu, apalagi tulisan saya yang bagusnya mengalahkan tulisan dokter. Akhirnya saya minta bantuan lagi denga om google, setelah obrak-abrik, akhirnya ketemu semua gambar yang saya butuhkan, dan print. Gambar yang saya print kemudian saya potong-potong sesuai bentuknya, dan jadilah satu konsep cerita yang saya inginkan. Setelah konsep jadi, yang perlu dilakukan adalah pengambilan gambar, salahnya saya adalah saya lupa membawa tripod, padahal teknik stop motion seperti ini sangat membutuhkan tripod, agar hasilnya bagus. Tapi ya namanya juga Lulu yang sangat keras kepala, dan kalau sudah mau itu harus, saya nekat foto semuanya sendiri tanpa tripod, hasilnya tidak seperti yang saya inginkan. Berhubung Om Imran Putra Sasak ada di Sumbawa, saya meminta bantuan beliau untuk memberi masukan tentang gambar yang yang saya ambil, dan benar beliau mengatakan perlu menggunakan tripod untuk hal seperti ini. Okay gagal, semalaman saya tidak bisa tidur memikirkan ulang konsep, dan segalanya. Rabu pagi ke kantor, langsung buka kamera, tripod, dan mulai jepret-jepret gambar. Hampir dua jam berkutat dengan kamera dan gambar-gambar tidak jelas, bahkan teman seruangan saya cuma bisa melihat dengan heran apa yang saya kerjakan. 
Saya tipikal orang yang sangat penasaran, kalau saya mau belajar tentang sesuatu maka saya harus bisa, tidak perlu jadi ahli yang penting bisa. Kalau saya sudah bisa, rasanya senang yang tak terungkapkan, bahagianya tu disini (tunjuk hati :D). Seharian otak-atik laptop, edit menggunakan Picasa, program editing yang sangat standar, soalnya cuma program itu yang saya bisa. Dan akhirnya dari jam 11 pagi, video saya baru jadi jam 3 siang. Bayangkan bagaimana pegelnya badan dan otak, tapi saya bahagia bisa mengalahkan ketidakmampuan saya. Dari youtube dan om google, saya banyak belajat otodidak. Memang benar, internet itu bagai pisau bermata tajam, jika digunakan oleh penjahat maka dia bisa membunuh, tapi jika digunakan oleh chef dia bisa berguna untuk memotong makanan.
colase foto yang akan jadi animasi
video
Taraaaa, ini stop motion saya yang pertama, mohon masukannya ya :D

12 komentar:

  1. Bagus kok mbak stop motionnya, nanti saya juga mau jajal bikin ah. nanti dilihat ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip sip...
      ntar dilihat, lagi suka2nya buat stop motion nih :D

      Hapus
  2. Ih keren...
    mungkin kalo lebih banyak foto lagi, bakal lebih manteb ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya iya,,,
      jadinya agak lambat videonya jalan, makasi masukannya :D

      Hapus
  3. keren nih stop motionnya, aku mau coba bikin ah kapan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak :D
      ini buatnya gampang kok, semua orang pasti bisa :D

      Hapus
  4. bagus stop motionnya! ditunggu stop motion yang ke2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, semoga bisa buat yang kedua dalam waktu dekat ini :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^