Selasa, 28 Oktober 2014

Batu Gong, Pantai Keluarga di Sumbawa

Pantai Batu Gong
 Ada satu pantai di Sumbawa yang menjadi destinasi favorit para keluarga untuk liburan, namanya Pantai Batu Gong. Batu Gong dalam bahasa Sumbawa adalah batu yang berbentuk gong (sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari leburan logam (perunggu dan tembaga) yang berbentuk bundar besar dengan tonjolan ditengahnya). Konon katanya disini ada batu yang berbentuk gong makanya dinamakan Batu Gong, cuma sampai sekarang saya belum melihat dimana letak batu yang konon berbentuk gong itu. Pantai ini letaknya lumayan jauh dari pusat kota, mengendarai motor sekitar 20 menit (standar kecepatan saya menggunakan motor yang lumayan hati-hati, hehe). Di pantai ini ada banyak penjual makanan yang menjual beraneka macam makanan ringan dan makanan Sumbawa. Jadi, kalau mau ke pantai ini dan tidak mau repot-repot membawa makanan, bisa membawa uang yang banyak untuk membeli makanan disini, soalnya harganya lumayan mahal, standar harga ditempat pariwisatalah. Disekitar pantai ini juga banyak disediakan berugak, yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk. Bersantai di berugak sambil menikmati makanan, atau menyaksikan keramaian anak-anak yang bermain di pantai memang sangat menyenangkan. Ombak disini lumayan besar dan banyak karang-karang kecil yang bisa bikin kaki lecet, jadi mesti ekstra pengawasan kalau membawa anak-anak kemari, tapi tenang saja ombaknya masih dalam kategori aman kok. Ada banyak tempat penyewaan ban untuk berenang, dengan harga yang terjangkau sesuai ukuran ban yang kita inginkan, mulai 5rb sampai 10r. Oh ya kita juga bisa bermain banana boat disini, dengan harganya yang lumayan terjangkau dan bisa dinego-nego, hehehe.
Hanya satu yang membuat saya miris ketika berada di pantai ini adalah melihat pengunjung yang suka membuang sampah sembarangan, padahal bak sampah sudah disediakan di beberapa pojok berugak. Semoga kedepannya masyarakat banyak yang sadar pariwisata dan alam, sehingga tidak membuang sampah sembarangan lagi....
Batu Gong
berugak-berugak yang ada di batu gong
Berugak atau bale-balenya unik, dengan bentuk seperti rumah panggung Sumbawa. Bagian atas berugak biasa digunakan sebagai tempat beristirahat pedagang disini. Yang buat betah berlama-lama disini adalah karena banyaknya pohon disekitar pantai, jadi berasa adem dan tidak kepanasan kalau main-main disini.
batu gong
penyewaan ban untuk anak-anak maupun orang dewasa
paling asyik memang kumpul sama teman atau keluarga :D
Ely beserta suami dan anak
hmmmm seger :D
paling asyik nih main ombak disini
Putry
tetep dong ya selfie narsis :D

10 komentar:

  1. Terkadang narsis itu yang menghidupkan cerita masa lalu... Luar biasa hasil jepretannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjadi kenanangan yang tak terlupakan...
      terimakasih pujiannnya :D

      Hapus
  2. Aku dulu KKN di Kakeang, Sumbawa lo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwaaaa, serius mbak???
      bagaimana sumbawa? semoga gak bilang panas ya, hehehe :D

      Hapus
  3. wah,asik yan pantainya,berugak??baru denger istilahnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...
      itu bahasa daerah sini, semacam bale2 buat istirahat gitu :D

      Hapus
  4. wah udah lama ngga ke batu gong ini
    dulu tiap ke sumbawa pasti kesini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, soalnya pantai yang dekat dengan kota cuma ini aja, hehehe :D

      Hapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^