Sabtu, 22 April 2023

Jodoh Pertemuan

Si Cute Whale Shark :)


Saya percaya bahwa tidak pernah ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Semua pasti sudah ada yang mengaturnya. Kapan kita bertemu, di mana kita bertemu dan bagaimana cara pertemuan itu, pasti sudah diatur dengan baik. Jika memikirkan bagaimana cara Allah mengatur perihal pertemuan itu, sungguh otak tidak akan sanggup, karena jauh dinalar kita sebagai manusia biasa. Allah sebaik-baik sutradara hidup ini.  

Saya ingat sekali malam itu, tiba-tiba ada nomor baru yang menghubungi saya melalui watsapp, katanya ada temannya yang ingin dibuatkan boneka rajut berbentuk whale shark di @anakpapabandy.craft (usaha crafting khusus rajutan yang saya buat). Saya mengiyakan, tetapi tidak bisa berjanji akan bisa selesai dengan cepat karena pekerjaan sekolah sedang banyak-banyaknya. Keesokan harinya temannya itu kemudian menghubungi saya lagi. Bertanya-tanya beberapa hal tentang amigurumi whale shark yang sempat saya bahas di chat sebelumnya. Melalui obrolan kita di watsapp, saya baru tahu kalau ternyata boneka rajut yang dia pesan itu spesial untuk souvenir para tamu yang menginap di Amanwana Resort. Mendengar kata Amanwana Resort, pikiran saya langsung melayang jauh. Demi apa pun saya tidak pernah menyangka bahwa boneka rajut buatan saya bisa masuk ke resort besar sekelas Aman. Amanwana merupakan satu-satunya resort super mewah yang menawarkan konsep glamping yang ada di Pulau Moyo, Sumbawa. Banyak tokoh-tokoh besar, baik nasional maupun internasional yang pernah kesini. Lady Diana menjadi salah satu tokoh besar yang pernah datang mengunjungi Pulau Moyo dan menginap di Amanwana Resort. Karena kedatangannya itu pulalah yang membuat nama Pulau Moyo langsung terkenal. Bahkan  salah satu kolam yang ada di Mata Jitu, Pulau Moyo, dinamakan Kolam Lady Diana. Harga menginap di sana juga tidak main-main, untuk semalam saja bisa menghabiskan sekitar 20 juta lebih. Kaum pejalan dengan kantong tipis seperti saya ini, sangat tidak mungkin untuk bisa menghabiskan uang untuk merasakan glamping super mewah di Amanwana Resort. Alih-alih saya yang berlibur kesana, setidaknya ada boneka buatannya yang berkunjung lebih dulu kesana. Semoga saja bisa jadi katarsis mimpi untuk bisa kesana suatu saat nanti.
Penampakan workspace @anakpapabandy.craft ketika lagi menyelesaikan pesanan boneka rajut. Berantakan 😂

"Bisa tidak bonekanya jadi sebelum tanggal 15 Maret." Tanya Mas Akha. Mas Akha adalah marketing Aman yang saat ini berdomisili di Bali. Dia yang mengurus segala macam kebutuhan pemasaran dari resort milik Aman yang ada di Indonesia. 
"InsyaAllah bisa Mas." Jawab saya setelah mengecek kalender, dan menghitung-hitung waktu yang saya butuhkan untuk membuat satu boneka rajut whale shark


Whale Shark Amigurumi karya @anakpabandy.craft


Ada rasa deg-degan, dan cemas ketika mengerjakan amigurumi ini. Ini adalah pertama kalinya saya membuat amigurumi berbentuk whale shark. Saya takut jika hasilnya ternyata tidak seperti yang diinginkan. Saya rutin menghubungi Mas Akha untuk menyampaikan progress report terkait pembuatan bonekanya. Alhamdulillah, ternyata Mas Akha suka dengan hasil yang saya buat.  Bonekanya selesai tepat waktu, sebelum tanggal 15 Maret, saya mengirimkan bonekanya ke Amanwana Resort, Pulau Moyo. 
Whale Shark Amigurumi karya @anakpapabandy.craft yang jadi souvenir khusus tamu Amanwana 😍

Siapa sangka dari boneka rajut, kemudian berakhir dengan pertemuan. Mas Akha menghubungi kalau akan ke Sumbawa Barat usai pekerjaannya di Amanwana Resort selesai, ada project yang ingin dikolaborasikan  bersama @anakpapabandy.craft dan @ranum_artisan (usahanya Mas Akha yang ada di Bali). Dia juga mengajak temannya, Mbak Susan, untuk ikut ke Sumbawa Barat. Cerita perkenalan dan pertemuan kita ini seperti jaring laba-laba yang terhubung satu sama lainnya. Tiwi adalah orang pertama yang menghubungi saya perihal boneka rajut, dia pun mendapatkan nomor saya dari rekomendasi teman ketika mencari orang yang bisa membuat boneka. Dari Tiwi saya mengenal Mas Akha, kemudian Mbak Susan, dan Emen. 
Selama di Sumbawa Barat, Mas Akha dan Mbak Susan menginap di rumah Tiwi dan Emen. Mereka berdua adalah pasangan suami isteri, dan juga teman perjalanan Mas Akha dulu. Setiap ke Sumbawa Barat, Tiwi dan Emen selalu menjadi orang yang dia rusuhi untuk diajak jalan-jalan. Fun fact-nya ternyata, Emen yang merupakan suaminya Tiwi adalah teman guru satu daerah di Brang Ene, tempat saya mengajar. Saya sering bertemu Emen jika ada kegiatan sekolah dan mengurus keperluan sekolah di BKD, tetapi tidak pernah saling sapa, apalagi terpikir untuk berkenalan. Boneka rajut menjadi media perkenalan dan pertemuan kita semua. Dari yang tidak kenal, kemudian menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Seperti kata Agustinus Wibowo di Titik Nol, hidup ini adalah perjodohan. Perjumpaan, perkenalan, perpisahan, percintaan, kerinduan, kebencian, pertikaian, kelahiran, kematian, tak seorang pun yang bisa melarikan diri dari mukjizat perjodohan. 
Pertemuan di awal tahun ini semakin meyakinkan saya bahwa Allah-lah yang bisa mempertemukan kita. Jika tidak ditakdirkan bertemu, tidak peduli seberapa dekat jarak sebelumnya, maka selalu ada cara bagi Allah untuk membuat kita tidak bisa bertemu. Pun begitu sebaliknya, entah ada di belahan dunia mana, jika Allah sudah berkehendak untuk mempertemukan, entah dengan cara apa dan bagaimana, selalu ada cara Allah untuk mempertemukan. Pertemuan dengan Mas Akha, Mbak Susan, Tiwi, Emen, adalah cara Allah memberitahu saya, bahwa hanya Allah sebaik-baik penulis skenario hidup hamba-Nya. Allah yang mempertemukan dengan cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 
Foto jalan bareng kita ke Ai Mual

Momen habis bukber di rumah 


16 komentar:

  1. Wow ... Semalam menginap 20 juta. Jangankan.menginap, mencium baunya saja tak bakalan tercapai oleh kantongku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener banget mbak. Ampuun dah saya kalo harus menghabiskan 20juta utk satu malam 😁

      Hapus
  2. memang pertemuan jodoh dll memnag tuhan yang tau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap betul, sekuat apapun kt berusaha, palunya tetap di tangan Tuhan

      Hapus
  3. jodoh adalah takdir tuhan....
    Nice posting... thank you for sharing

    BalasHapus
  4. Wah.. Pasti bangga dan seneng banget ya mbk, meskipun nggak bisa nginep disana karena biayanya yang mehong tapi karyanya bisa ada disana itu udah luar biasa banget. Semoga ke depannya dapat lebih banyak kejutan menyenangkan lagi ya mbk.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, iya mbak, gapapalah bonekanya aja yang ada di sana dulu hehehe

      Hapus
  5. Semalam 20jt? Sebagai kaum mendang mending aku skip dulu hahaha :))
    Btw boneka rajutnya cakep bener. Lucu 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama, saya pun mending uangnya pake jalan2 ke Papua :)
      Makasi ya mas, suka buat boneka rajut ini, buat obat bosan di rumah ahhaha

      Hapus
  6. Dulu sempet kepikiran mau stay di aman. Tapi mudian mikir, harga segitu aku bisa untuk bayar trip ke Dubai dan Turki plus jajan puas di sana 🤣🤣. Dan berhubung aku tipe traveler yg lebih suka shopping dan kuliner, daripada mager Di kamar hotel, jadi kayaknya mending buat trip sih drpd hotelnya doang 🤣🤣.

    Ohh mba suka bikin amigurumi jugaaa. Aku beberapa kali pesen sarung tangan winter , tas , boneka amigurumj tapi dari temen yg juga punya usaha ini. Ternyata gloves yg dibuat dengan metode crochet lebihangeeet drpd yg knitting. Beberapa kali aku pake pas liburan winter . Mba khusus boneka aja atau bisa tas dan lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup sepakat sama Mbak Fanny si. Uang segitu kalo cuma buat hotel aja, mending dipake buat jalan2 ke LN si, kita ga punya privasi yang harus dijaga banget sampe bayar hotel 20 juta semalam hahahaha
      Iya Mbak Fanny, saya suka buat amigurumi, sama rajutan lain juga saya suka buat, kayak home decor, tas sama yang wearable gitu, boleh ke IG @anakpapabandy.craft kalo mau liat2 karya yang pernah saya buat :)

      Hapus
  7. Maasyaa Allah tabarakallah, keren..

    BalasHapus
  8. benarlah jodoh itu rahsia Allah. kita plan lain tapi Dia punya plan yang lagi hebat

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^