Selasa, 23 Mei 2023

Menghangatkan Badan dengan Setusuk Sate Kuda

 

Sate Kuda

Berawal dari perjalanan pertama di Ramadhan kemarin ke Ai Mual, membuat saya ketagihan untuk kesana lagi. Setiap memposting foto Ai Mual di status watsapp maupun instagram, selalu mengundang komentar teman-teman. "Lu, ajak kesana". Jawaban saya pun selalu sama, "Ayok". Asli sarat getak, Lulu. Dalam Bahasa Sumbawa Sarat getak itu artinya tidak bisa ada yang ajak, langsung saja mengiyakan tanpa pikir panjang hahhaa.  Karena perjalanan ke Ai Mual itu juga yang akhirnya mempertemukan saya dengan Sate Kuda khas Brang Rea ini. Cerita tentang kenikmatan Sate Kuda ini sudah sering saya dengar dari teman-teman asli Sumbawa Barat, tetapi saya belum pernah tertarik mencobanya sekali pun. Saya tidak terbiasa memakan daging kuda. Walaupun Sumbawa dari dulu terkenal dengan Susu Kuda Liarnya, tetapi  jarang sekali kita menemukan masakan yang terbuat dari daging kuda. Kalau dari cerita Kakek saya, dulu setiap rumah di Sumbawa selalu ada kuda di halamannya. Selain dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari, kuda bagi orang Sumbawa juga seperti teman di dalam keluarga. 

"Tidak enak hati memakan daging kuda, seperti makan teman sendiri." Kata Kakek saya. Mungkin itulah alasan mengapa di Sumbawa, kita jarang menemukan masakan  yang terbuat dari daging kuda.

Kalau kata pribahasa, lain padang lain belalang. Beda daerah, beda juga kebiasannya. Di Sumbawa Barat, masakan yang berbahan daging kuda adalah favorit warga di sini. Daging kuda dijadikan berbagai jenis masakan khas yang enak. Salah satu daerah yang terkenal dengan olahan daging kudanya adalah Brang Rea. Hampir setiap hari kita menemukan orang yang menjual daging kuda di sini. Daging kuda diolah menjadi berbagai jenis masakan khas, ada krekes jaran, rarit jaran, dan sate kuda.

Sate Kuda Tepas Brang Rea

"Mbak, mau coba makan daging kuda ndak?" Tanya saya ke Mbak Reny, teman perjalanan saya ke Ai Mual kemarin. 

"Boleh."

Saya langsung memutar arah motor, ketika mendengar persetujuan dari Mbak Reny. Sesama orang Sumbawa, kita sama-sama tidak terbiasa memakan daging kuda. Ini menjadi pengalaman pertama kita memakan Sate Kuda. Warung Sate Kuda ini berada di Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea. Lokasinya yang tepat berada di depan jalan utama, membuat warungnya mudah ditemukan. Warung ini juga menjadi satu-satunya warung yang menjual Sate Kuda. Sate Kuda ini dari dulu terkenal akan rasanya yang mresek (bumbunya meresap dan kaya rasa). Sampai di depan warung, terlihat   si Bapak sedang membakar Sate Kuda. Bau khas bumbu-bumbu dan daging yang dibakar langsung menggoda indera penciuman kita. 

"Berapa setusuk, Pak."

"Lima ribu."

Saya dan Mbak Reny saling berpandangan. Murah juga ternyata. Daging kudanya dipotong dadu besar, dengan bumbu-bumbu yang telah dimarinasi selama semalaman. 

Sate Kuda Brang Rea
Bakar bakaarr

Dagingnya besar

Love at The First Bite
Tidak membutuhkan effort yang begitu besar ketika mengunyah dagingnya. Dagingnya empuk padat dengan bumbu-bumbunya yang meresap, membuat sate ini begitu kaya rasa. Tidak ada bau amis khas daging kuda sedikit pun. Mungkin karena telah dimarinasi semalaman dengan bumbu-bumbu yang banyak, jadi bau amisnya hilang. Satu tusuk sepertinya tidak cukup, saya mengambil satu tusuk lagi. Ada rasa hangat yang menjalari tubuh ketika memakan sate ini. Dingin selama perjalanan pulang dari Ai Mual karena baju basah, bisa dihangatkan dengan memakan Sate Kuda.  Niat memakan bakso sepulang dari Ai Mual sirna sudah, ada Sate Kuda yang membuat badan hangat dan perut kenyang. Potongan dagingnya yang besar di setiap tusukannya, cukup untuk mengganjal perut sementara. Seperti cerita saya jatuh cinta dengan Ai Mual at the first sight, begitu juga dengan Sate Kuda ini. Saya jatuh cinta pada Sate Kuda at the first bite, dan sepertinya akan keterusan jatuh cintanya. Sate Kuda ini benar-benar enak. Mbak Reny makan sampai 3 tusuk. Belum lagi sate yang kita bungkus bawa pulang untuk lauk makan malam nanti. Hari ini perut kita benar-benar dimanjakan dengan kenikmatan Sate Kuda. Kalau teman-teman berkunjung ke Sumbawa Barat, boleh banget ini mencoba makan Sate Kuda yang ada di Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea. Warung Satenya buka setiap hari, dari jam 8 pagi hingga 10 malam. 

Duo Maut. Ketagihan makan sate ini.

20 komentar:

  1. Apa rasanya sate kuda mbak? Sama kayak daging sapi gak...ada perasaan ga tega gak hehhehe...dulu sy pernah makan sate kelinci..ga tega juga kalo di bayangin karena lucu dan imut..tapi koq enak juga dagingnyaπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya si rasanya enak-enak aja. Mirip daging sapi, tapi ada rasa khasnya. Bingung deskripsikannya ehhehe
      Saya pertama kali makan Sate Kuda, bisalah diterima sama lidah saya :)

      Hapus
    2. Hahaha bahkan sampai sekarang aku masih nggak berani makan sate kelinci karena kebayang-bayang imutnya πŸ˜‚. Rasanya kalau makan sate kelinci akan sulit ditelan alias badannya menolak πŸ˜‚. Soal daging kuda, ternyata benar kata orang-orang kalau daging kuda memberikan efek hangat di tubuh ya. Ini cocok banger kalau dimakan saat udara dingin πŸ˜†. Kalau dilihat-lihat sate ini nggak pakai bumbu kacang lagi ya, Kak? Jadi mirip sate maranggi ya?

      Hapus
    3. Nah sama Lia, saya juga belum pernah makan sate kelinci. Di sini daging kelinci kayak aneh gt buat dimakan πŸ˜…
      Iya bener, badan kayak langsung hangat gitu pas dimakan dan mengenyangkan sekali.
      Sate Kuda ini langsung makan gitu aja gak pake bumbu kacang. Satenya sudah full bumbu itu.
      Mrip sate maranggi tp ini gak ada bumbu kecapnya, Lia

      Hapus
    4. Di sini juga kayaknya agak nggak lazim, tapi kalau main ke daerah Puncak atau Bandung pasti ada aja yang jual sate kelinci. Kalau di Jakarta sih aku belum pernah nemu πŸ˜‚. Mungkin ada, tapi aku nggak pernah lihat wkwk
      Menarik banget sate kuda ini! aku penasaran sama bumbunya, tapi aku masih ada perasaan nggak berani untuk coba πŸ˜‚

      Hapus
    5. Eh iya di Puncak. Dulu saya sering liat, tp gak pernah nyoba, ga berani si lebih tepatnya hahaha
      Emang bener ya Lia, lain padang lain belalang, beda daerah beda kebiasaan πŸ˜… Ada tempat yg oke oke aja makan daging kelinci, ada yg ga terbiasa. Di NTB pun begitu, di Sumbawa Besar jarang banget ada olahan daging kuda, yang jual dagingnya pun jarang, tapi kalo di Sumbawa Barat banyak banget yang jual. Padahal dua daerah itu masih satu pulau πŸ˜…
      Unik banget si rasanya kalo saya bilang. Padat, tp ada rasa khas kudanya gitu. Gimana ya deskripsikannya πŸ˜…

      Hapus
  2. Barangkali daging kuda hampir sama rasanya dengan daging sapi ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip Mbak Nur, cuma ada bau khas kudanya. Kalo masaknya gak bener, daging kuda bisa alot dan gak enak dimakan.

      Hapus
  3. Skitar tahun 2013 aku pernah makan sate kuda. Saat itu harganya sekitar 39ribu/porsi. Kalau menurutku, tekstur daging lebih padat dibandingkan daging sapi. Mungkin ini karena kuda adalah hewan yang cukup aktif sehingga ototnya lebih terbentuk. Kalau rasa dan aroma sate emang sangat enak. Bagi mereka yang penasaran bisa dicoba sate kuda ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali Mas Rivai. Unik rasanya daging kuda ini, saya agak susah mendeskripsikan kayak gimana, terus ada bau khas kudanya. Ini pertama kali saya makan sate kuda, alhamdulillah bisa diapprove sama lidah. Eh malah ketagihan hahahaha

      Hapus
  4. Ya ampun
    harganya murah sekali
    empuk pula
    wah saya juga mau dong, saya sangat penasaran banget dengan rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, harga dan rasanya sangat worth to buy banget si.
      Mari mari ke Sumbawa Barat Mas, ntar kita makan sate kudanya 😁

      Hapus
  5. Penasaran dengan rasa sate kuda itu, Mbak.
    Bagaimana sih cita rasa daging kuda dibanding daging kambing ya?
    Di Sukabumi cuma ada pedagang sate kambing. Yang terkenal nama pedagangnya H. Mamat, lokasi warungnya di dekat Masjid Agung. Saking terkenalnya, saat Presiden Jokowi berkunjung ke Sukabumi, sampai nongkrong makan sate di warung sate ini.

    Salam persahabatan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ya rasanya, saya agak bingung deskripsikannya πŸ˜…
      Dagingnya padat, terus ada bau khas kudanya, ya macam kambinglah ya yg ada bau khasnya.
      Wahh keren sekali itu warung satenya sampai didatangi pak jokowi 😍

      Hapus
  6. wah aku nda berani coba sate kuda. Rasanya kasian aja gitu apalagi kuda kan mahal harganya #eh Tapi ini setusuknya 5000 ya. Kupikir ini mahal 🀣 habis biasanya sate sapi setusuk paling mahal 3000 rasanya πŸ˜… Eh kalo sate buntel lain sih. Bisa setusuk 15rb hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena beberapa daerah, daging kuda agak gak lazim ya buat dimakan, jadinya aneh aja hehehe
      Kalo di Sumbawa Barat NTB daging kuda harganya hampir sama dengan daging sapi.

      Hapus
    2. iya ga lazim. Berasa kasian aja hehehe

      Hapus
  7. Mbaaa aku penasaran sate kuda. Dulu tau kalo kuda bisa dimakan pas baca janeponto ada jual Coto kuda kan.

    Sbnrnya Bbrp waktu lalu di Rawamangun ada yg jual sate kuda , pake tenda gitu. Tapi suami ga mau makan. Krn ragu dagingnya. Soalnya Rawamangun kan bukan oenghasil ternak kuda, dan bisa dibilang kuda ga banyak di sana.

    Beda Ama Sumbawa yg memang kuda banyaaak di mama2. Wajar kalo ada kulinernya segala.

    Tapi jujur aku pun mungkin ga tega kalo sampe ngeliat kudanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba fanny baru balas komennya, sy jarang buka blog akhir2 ini hehee
      Agak susah untuk menjelaskan rasa daging kuda kayak gimana, dia bertekstur dan bau yang khas. Saya pun pertama kali gak terbiasa makan daging kuda, tp di Sumbawa Barat masakan dgn bahan utama daging kuda itu banyak banget jadi mau gak mau ya nyobain dan ternyata lumayan enak juga πŸ˜…

      Hapus
  8. karena selama ini melihat kuda sebagai cidomo, membayangkan untuk makan agak gimana ya.. ini mirip perasaannya seperti saat ditawari makan sate kelinci dulu. oya, jangan tawarkan ke Yune. sekedar pesan. hihi

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya teman-teman, supaya saya bisa berkunjung kembali....
Salam persahabatan Blogger Indonesia ^_^